Kiamat bisa dikatakan sebagai akhir kehidupan dunia yang tidak ada satupun makhluk ciptaanNya yang mengetahui kapan waktu persis terjadinya. Tapi datangnya kiamat ditunjukkan oleh tanda-tanda tertentu, yang kemudian dikategorikan menjadi tanda kiamat kecil (Sughra) dan tanda kiamat besar (Kubra).
            
             Nah, berikut ini adalah tanda-tanda kiamat kecil:
1. Diutusnya Nabi Muhammad saw sebagai Rasulullah terakhir.
Hadist : dari Anas r.a bahwasanya Rasulullah saw bersabda: “…, Saya diutus (oleh Allah) dan jaraknya dengan hari kiamat itu sebagai dua jari ini”. (Beliau saw bersabda demikian ini sambil menunjukkan dua jarinya yakni jari telunjuk dan jari tengah). Diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim dan Tarmidzi.
  
2. Yang menjadi pemimpin adalah orang yang rendah ilmu dan hina akhlaknya. 

3. Semakin banyaknya kaum Dajal, yang saling berperang memecah-mecah islam bahkan mengaku    sebagai Rasulullah saw.
Hadist : “…Tidaklah akan tiba hari kiamat itu sehingga ada dua golongan besar saling bunuh-membunuh, antara keduanya itu terjadilah peperangan yang besar sedang dakwahnya adalah satu macam. Juga tidak akan tiba hari kiamat itu sehingga banyak kaum Dajal, tukang berdusta yang jumlahnya hampir tiga puluh orang semuanya itu mengaku bahwa dirinya adalah Rasulullah…”

4.  Lenyapnya ilmu pengetahuan, dalam artian wafatnya alim ulama, penganjur dan mubaligh agama.

5.   5. Banyaknya peristiwa-peristiwa berat yang ditanggung oleh umat manusia, contohnya bencana alam.

6.      6. Zaman yang sangat singkat atau berdekatan.  
Dimana jarak yang jauhpun akan terasa dekat. Ini ditunjukkan oleh semakin canggihnya alat transportasi yang dapat mengantarkan seseorang dalam waktu yang singkat walaupun jaraknya jauh.

7.     7. Banyak timbul fitnah.

8.      8. Banyak pembunuhan.

9.     9. Banyak harta melimpah ruah.
Sehingga orang yang memiliki harta itu sukar sekali mencari orang yang suka menerima sedekahnya, sampai-sampai ia menawarkan hartanya itu, tapi orang yang ditawari tadi berkata : “Saya tidak membutuhkan harta lagi”

    10. Orang-orang bermegah-megahan dalam gedung yang menjulang tinggi. 

   11.  Banyak orang yang tidak dapat menjalankan kewenangannya dengan baik.  
Ia memberikan jabatan kepada orang yang ia tahu belum bisa menjalankan jabatannya itu dengan baik, padahal ada orang yang lebih baik untuk bisa menjalankan jabatan itu di dekatnya. IStilah singkat sekarang ini sih…KOLUSI.

Nah…bagaimana komentarmu? @_@ terlalu banyak tanda kiamat kecil yang sudah terjadi kawan…
Wallahualam…semoga kita tidak termasuk orang-orang yang merugi ya,! Amiiinn… \( ^_^)/