Jika dapat mata kuliah Pengolahan Citra Digital, maka gak afdol rasanya kalau gak tahu apa itu citra digital. Jadi, berdasarkan pemahaman dari mata kuliah semester 6 yang lalu ini (@_@ lagaknya indah nih ya...sok paham --__--''), indah akan berbagi sedikit tentang apa sih citra digital itu??????????

Citra digital adalah salah satu bentuk citra yang ditampilkan pada layar monitor komputer sebagai himpunan berhingga (diskrit) piksel (picture elements).
Dimana, piksel adalah elemen citra yang nilainya menunjukkan intensitas warna yang dikandungnya.
Citra digital dihasilkan dari citra analog yang mendapat proses digitalisasi, yang terdiri atas penerokan (sampling) dan kuantisasi (quantization). Penerokan merupakan proses pembagian citra dalam piksel-piksel, sedangkan kuantisasi adalah pemberian nilai intensitas warna pada tiap piksel dengan nilai berupa bilangan bulat yang nilainya tergantung pada banyaknya bit yang mempresentasikan warna tersebut.
Berdasarkan warna penyusunnya, citra digital terbagi menjadi tiga macam, yaitu:
1.      Citra biner        : citra yang terdiri atas dua warna, yaitu hitam dan putih. Jadi tiap piksel pada citra ini cukup direpresentasikan dengan 1 bit, dimana putih bernilai nol sedangkan hitam bernilai satu.
2.      Citra grayscale: citra yang tiap pikselnya mewakili derajat keabuan atau intensitas warna putih. Derajat keabuan ini bergerak dari hitam ke putih dengan rentang skala : Imin<f<Imax atau  [0,L], dimana intensitas 0 menyatakan hitam dan L menyatakan putih. Sebagai contoh, sebuah citra grayscale 8 bit (256 derajat keabuan) berarti memiliki skala 0 sampai 255. Sehingga dalam kasus ini 0 mewakili hitam, 255 mewakili putih sedangkan nilai anatara 0 dan 255 mewakili warna keabuan antara hitam dan putih.
3.      Citra berwarna: citra dengan banyak warna bergantung kepada kedalaman piksel citra yang bersangkutan, dimana ia terdiri dari beberapa kanal (channel) yang menyatakan komponen-komponen warna penyusunnya. Intensitas tiap piksel pada citra berwarna ini merupakan kombinasi dari tiga intensitas : merah (fmerah(x,y)), hijau(fhijau(x,y)) dan biru(fbiru(x,y)). Sehingga citra ini juga dikenal dengan nama citra RGB (red-green-blue).

        Nah, jadi kalau kamu cari definisi citra digital dan jenis-jenisnya buat tugas kamu, semoga penjelasan indah di atas membantu ya \(^_^)/
Ndah bantu doa deh...moga tugasnya dapat nilai bagus............
Amiiinnn...
Hohoho....